2012-10-08

SEBUAH NAMA

Chapter VI... Hanya untuk sebuah nama...
Tibalah Raka dan Dokter Florencia dirumah sakit dan mereka berdua langsung menuju kekamar Karang. Perawat yang menunggu Karang sekarang digantikan dengan Raka dan Dokter Florencia. Perawat pun tak lupa menyampaikan pesan Raihan kepada Raka, kalau ia sekarang ada dikamar mamah agar mamah tidak curiga dengan kepergian dia sejak tadi siang. Dan Dokter Florencia mulai bercerita dengan Raka dikursi samping kasur ranjang Karang
“ Abang Karang yang merubah pola fikir dan menanamkan arti hidup kepada ku “
“ saya hafal benar dengan tanda bekas luka yang ada dikening sebelah kanannya “
“ sudah hampir 20 tahun sejak kejadian itu saya tidak pernah bertemu dengan Karang dan sekarang saya harus bertemu dan melihat orang yang saya sanyangin dengan keadaan yang seperti ini “ air matanya pun terjatuh kembali
“ memang tanda luka itu apa hubungannya dengan Dokter? “
“ tidak ada yang tahu sejarah luka itu kecuali saya dan Tuhan “
“ baik akan saya akan bercerita mulai dari awal, dahulu saya melewati sekolah dasar disebuah kota kecil yang indah, saya dan Karang beda sekolah tetapi satu jalan, sekolah Karang dulu baru sekolah saya. Jam pulang sekolah pasti sekolah saya duluan yang keluar tidak lama baru sekolah Karang. Saya pulang sekolah selalu dijemput mobil. Tapi entah kenapa hari itu mobil jemputan saya terlambat datang, setelah sekian lama menunggu  saya pun berinisiatif pulang dengan jalan kaki. Ketika saya lewat depan sekolah Karang kebetulan sekolahannya dan mulai sepi dan yang ada hanya beberapa temen-temen Karang . Mereka mengahadang saya untuk pulang dan memaksa meminta uang kepada saya. Saya hanya bisa menangis ketakutan melihat temen-temen Karang memaksa saya. Mereka menarik-narik tas saya hingga hampir putus dan saat itu juga Karang datang mencoba untuk memisahkan temen-temennya. Tapi ada seorang yang memprovokasi kejadian itu hingga akhirnya Karang berkelahi dengan mereka. Sementara saya hanya bisa menangis melihat kejadian itu semua. Karang dikeroyok oleh teman-temannya sendiri sampai Karang terjatuh dan kepalanya membentur batu yang ada ditanah. Kepalanya mengeluarkan darah yang sangat banyak hingga Karang pun pingsan. Melihat Karang pingsan temen-temennya lari kocar-kacir semuanya, saya hanya bisa menangis, binggung , panik dan sedih melihat keadaan Karang. Darah yang keluar dari kening Karang tak mau berhenti terus saja keluar. Dalam keadaan yang seperti itu ada pengendara sepedah motor yang lewat dan menolong Karang. Tak lama Karang setelah Karang dilarikan kerumah sakit mobil jemputan ku datang menjemput ku. Saya binggung, saya sedih, saya panik dan saya cemas didalam mobil dan dirumah dengan kejadian hari itu. ”
“ setelah kejadian itu orang tua saya tahu dan akhirnya orang tua saya memindahkan saya sekolah ditempat nenek saya di ibu kota. Sebelum saya pindah sekolah saya diam-diam mencari informasi anak yang pingsan kemarin, saya pun akhirnya mendapat informasi bahwa namanya Karang “
“ semenjak kejadian itu saya berusah sekeras mungkin untuk menggapai cita-cita saya dan dengan tujuan akan kembali kekota dimana saya mendapatkan pengalaman yang merubah hidup saya “
“ hanya untuk orang itu ”
“ hanya untuk sebuah nama yaitu KARANG “
“ Dokter maafin abang ya kalo buat Dokter harus mengenang kembali masa lalu yang pahit “
“ maaf buat apa Raka ? “
“ justru saya berterima kasih dengan kejadian hari ini, mulai tadi pagi hingga sampai sekarang ini harus mengenang kembali masa-masa itu “
“ berarti doa dan harapan saya terkabulkan walaupun harus sakit saya melihat keadaannya sekarang “
“ tidak ada bedanya ketika saya pertama kali melihat Karang yang dulu dengan keadaan Karang yang sekarang “
“ sama-sama dalam keadaan luka, sakit, darah dan yang sekarang lebih parah dari kejadian 20 tahun kemarin “
“ sekali lagi saya mewakili abang minta maaf kalau Dokter harus mengalami kejadian yang berat ini “
“ sebenarnya Karang dimata Raka itu seperti apa? “
“ Abang dimata Raka adalah seorang kakak yang tegas dan wibawa seperti namanya. Sebagai sahabat yang bisa menjaga rahasia dan bisa memahami pikiran Raka. Sebagai seorang teman yang bisa diajak berfikir serius dan santai bahkan terkadang punya ide-ide yang gila diluar pola pikir manusia pada umumnya. “
“ gila gimana Raka? “
“ banyangin aja Dokter, waktu Raka jalan dengan cewek Raka dia mengutus temen kantor perempuan untuk mengaku-ngaku sebagai cewek Raka. Otomatis dong Raka binggung dan cewek Raka minta putus. Pas lagi berantem hebat dengan cewek Raka yang mau minta putus tau-tau dia dateng menenangkan suasana dengan gaya wibawanya itu “ Raka pun terkekeh mengenangnya, Dokter pun tersenyum suasana tercairkan dengan cerita Raka itu.
“ akhirnya Raka minta dijelasin semuanya secara terbuka didepan cewek Raka biar ngak ada salah paham “
“ terus Dokter kalo lagi Main PS nie, abang mah ngak mau kalah kalo kalah ada aja alasannya yang sticknya rusak lah, yang lagi keinget ada janji yang mendadak, pokoknya ada aja alasannya. Pernah pas lagi maen PS terus abang kalah, biasalah kalo sudah kalah  dia ngeluarin alasan kalo dia baru keinget ada janji dengan temennya. Terus abang keluar rumah pake mobil, karena Raka penasaran bener ngak sie abang ada janji, Raka ikutin aja dari belakang pake motor. Eee ngak taunya dia mampir kewarung kopi terus Raka pegokin aja sekalian biar dia kalo kalah ngak ada alasan lagi. “
“ Raka sampek segitunya ? “
“ iya Dok “
“ tapi mulai sekarang keliatannya kalo Raka main PS harus sendirian, ngak ada orang yang suka ngeles lagi kalo kalah main PS sama Raka “
“ Raka sayang banget ya sama abang? “
“ iya Dokter, Raka sayang banget dengan abang. Dulu pernah ada orang yang selalu minta uang parkir maksa sama abang. Hampir setiap hari abang kasih uang sama orang itu, kalo ngak dikasih orang itu ngerusakin cat body mobil dengan paku. Ngeliat body mobil penuh dengan luka baret Raka penasaran. Soalnya abang pinter bawa mobil tapi kenap setiap hari luka baret dicat body mobil selalu bertambah banyak. Akhirnya Raka diem-diem sebelum abang pulang dari kantor Raka dah ngetem diseberang kantor abang, Raka mau tau ada orang usil ngak dengan abang. Bener aja orang yang minta uang parkir dengan abang selalu ngebaretin cat body mobil dengan paku. Spontanitas Raka marah terus Raka pukul aja tuh orang. Geger deh Raka didepan parkiran depan kantor abang. Abang keluar kantor terus Raka dipisah sama abang, eee ngak taunya pas lagi misahin Raka selip muka abang kepukul dengan tangan orang itu. Raka berontak liat abang dipukul dengan orang lain tapi apa ketika Raka berontak, mata abang melotot kemuka Raka,liat mata abang melotot terus Raka diem. Orang it terus dibawa kekantor satpam dikantor abang, sementara tangan abang menggandeng tangan Raka menuju kekantor satpam. Raka jelasin semua kejadian yang Raka liat. Orang itu ngak bisa mengelak jelas dengan ditemukan beberapa paku dikantong celannya yang telah dia siapin. Setelah kejadian itu orang tadi dibebasin dengan jaminannya abang. Raka tambah binggung dengan sikap abang. Abang ngajak ngobrol orang itu diwarung rokok yang ada disamping kantor. Entah abang ngomong apa orang itu nangis-nangis didepan abang, Raka hanya bisa melihat didalam mobil karena sebelumnya Raka disuruh masuk mobil duluan sama abang. Dan yang anehnya lagi mobil yang Raka bawa dititipin sama orang itu. Raka jadi ngak ngerti deh dengan pikiran abang “
“ Raka ngak pernah liat abang marah, makanya ketika matanya melotot Raka langsung diem ngak ada daya dan kekuatan unutk melawan abang “
“ Raka sayang banget dengan abang, makanya kalo ada orang yang berbuat jahat sama abang, Raka orang pertama yang paling ngak bisa terima dan pasti Raka bales perbuatan yang telah dilakuin sama abang “
“ Raka bangga ngak punya abang seperti Karang? “
“ buat Raka abang adalah segalanya setelah mamah, papah, dan ka’ Raihan “
Akhirnya Dokter Florencia bertanya-tanya seputar kehidupan Karang kecuali kehidupan percintaan Karang. Dokter Florencia banyak sekali mengambil kesimpulan dari semua cerita Raka. Malam itu dilalui Raka dan Dokter Florencia membahas masa lalu yang pernah mereka alami dengan tubuh yang saat ini tak berdaya didepan mereka berdua.


0 komentar: